Kejaksaan Tinggi Gorontalo
0 suara
dalam DLL oleh (120 poin)

1 Jawaban

0 suara

Polisi yang sedang melakukan patroli tersebut berhak membawa pasangan tersebut kekantor polisi alasanya karena salah satu tugas pokok kepolisian dalam UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negera Republik Indonesia pasal 13 adalah : memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dan menegakkan hukum.

Selanjutnya pertanyaan saudara apakah pasangan tersebut bisa dihukum jawabannya adalah bisa, penjelasanya demikian :

Apa yang telah dilakukan pasangan tersebut termasuk katagori perbuatan asusila, dan pasangan tersebut telah melanggar ketentuan yang diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). KUHP tidak memberikan arti pelanggaran kesusilaan (perbuatan asusila) itu secara eksplisit. Dalam buku Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Serta Komentar-Komentarnya Lengkap Pasal Demi Pasal (karangan R.Soesilo) menjelaskan antara lain bahwa arti “kesusilaan” memiliki keterkaitan dengan kesopanan, perasaaan malu yang berhubungan dengan nafsu kelamin misalnya bersetubuh, meraba buah dada perempuan, meraba tempat kemaluan perempuan, memperlihatkan anggota kemaluan, mencium.

Perbuatan yang dilakukan pasangan tersebut sebagamana pertanyaan saudara dilakukan dalam sebuah mobil pribadi yang terparkir komplek perumahan yang sunyi termasuk dalam pengertian ditempat terbuka. Pengertian terbuka menurut SR.Sianturi, SH dalam bukunya berjudul Tindak Pidana di KUHP berikut Uraiannya, menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan terbuka atau secara terbuka (openbaar atau hamper sama dengan openlijk) ialah disuatu tempat dimana umum dapat mendatangi tempat itu atau disuatu tempat yang dapat dilihat, didengar atau disaksikan umum (yang berada ditempat itu atau ditempat lainnya).

Sebagaimana penjelasan diatas ini pasangan tersebut bisa dijerat hukum dengan pasal 281 KUHP : Diancam dengan pidana penjara maksimum dua tahun delapan bulan atau pidana denda maksimum tiga ratus rupiah (x15).

1.  Barangsiapa dengan sengaja dan terbuka melanggar kesusilaan;

2.  Barangsiapa dengan sengaja melanggar kesusilaan pada ketika kehadiran seseorang lain bertentangan dengan kehendaknya.

oleh (1.5k poin)
Selamat datang di "Tanya Jaksa" Kejaksaan Tinggi Gorontalo tempat Anda dapat mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban dari Jaksa.
1 Pengunjung Aktif
Pengunjung Hari ini : 33
Pnegunjung Kemarin : 22
Total Pengunjung : 23233
42 pertanyaan
46 jawaban
6,920 komentar
252 pengguna