Kejaksaan Tinggi Gorontalo
0 suara
dalam DLL oleh (120 poin)
diedit oleh

1 Jawaban

0 suara

Yang dimaksud dengan saksi, menurut Pasal 1 angka 26 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), adalah "orang yang dapat memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan, penuntutan dan peradilan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri".

Pada dasarnya menolak panggilan sebagai saksi dikategorikan sebagai tindak pidana menurut Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Adapun ancaman hukuman bagi orang yang menolak panggilan sebagai saksi diatur di dalam Pasal 224 ayat (1) KUHP yang berbunyi :

Barang siapa dipanggil sebagai saksi, ahli atau juru bahasa menurut undang-undang dengan sengaja tidak memenuhi kewajiban berdasarkan undang-undang yang harus dipenuhinya, diancam:

1. dalam perkara pidana, dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan;

2. dalam perkara lain, dengan pidana penjara paling lama enam bulan.

Dalam buku Kitab Undng-undang Hukum Pidana (KUHP) serta Komentar-komentarnya Lengkap Pasal demi Pasal (karangan R.Soesilo) mengatakan bahwa supaya dapat dihukum berdasarkan pasal 224 KUHP orang tersebut harus :

- dipanggil menurut Undang-undang (oleh hakim) untuk menjadi saksi, ahli atau juru bahasa baik dalam perkara pidana maupun dalam perkara perdata.

- dengan sengaja tidak mau memenuhi (menolak) suatu kewajiban yang menurut undang-undang harus dipenuhi misalnya kewajiban untuk dating pada siding dan memberikan kesaksian, keterangan keahlian, menterjemahkan.

Penjelasan diatas untuk orang yang harus benar-benar dengan sengaja menolak memenuhi kewajibannya tersebut, jika ia hanya lupa atau segan untuk datang maka ia dikenakan pasal 522 KUHP  : “Barang siapa menurut undang-undang dipanggil sebagai saksi, ahli atau juru bahasa, tidak datang secara melawan hukum, diancam dengan pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah”.

oleh (1.5k poin)
Selamat datang di "Tanya Jaksa" Kejaksaan Tinggi Gorontalo tempat Anda dapat mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban dari Jaksa.
1 Pengunjung Aktif
Pengunjung Hari ini : 58
Pnegunjung Kemarin : 22
Total Pengunjung : 23258
42 pertanyaan
46 jawaban
6,920 komentar
252 pengguna