Kejaksaan Tinggi Gorontalo
0 suara
dalam Pencurian oleh (120 poin)

1 Jawaban

0 suara

Prinsipnya semua orang berhak mengadu atau melaporkan ke polisi asalkan yang bersangkutan mengalami, melihat, mengetahui, menyaksikan atau yang menjadi korban dalam suatu tindak pidana.

Terkait siapa yang berhak melapor atau mengadu ke polisi dapat dilihat dalam Pasal 108 ayat 1 Undang-Undang No. 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) sebagai berikut :

1) Setiap orang yang mengalami, melihat, menyaksikan dan atau menjadi korban peristiwa yang merupakan tindak pidana berhak untuk mengajukan laporan atau pengaduan kepada penyelidik dan atau penyidik baik lisan maupun tertulis.

Penyelidik sebagaimana dimasuk diatas adalah pejabat polisi negara Republik Indonesia yang diberi wewenang oleh undang-undang ini untuk melakukan penyelidikan. (vide pasal 1 angka 4 KUHAP).

Bermodalkan kecurigaan Anda, tentu Anda dapat melaporkan peristiwa dugaan pencurian tersebut ke Kepolisian. Atas laporan tersebut penyelidik/polisi akan meminta ataupun mencari keterangan dan barang bukti juga mengadakan tindakan lain sesuai dengan hukum untuk menemukan suatu peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana.

oleh (1.5k poin)
Selamat datang di "Tanya Jaksa" Kejaksaan Tinggi Gorontalo tempat Anda dapat mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban dari Jaksa.
1 Pengunjung Aktif
Pengunjung Hari ini : 29
Pnegunjung Kemarin : 22
Total Pengunjung : 23229
42 pertanyaan
46 jawaban
6,920 komentar
252 pengguna