Kejaksaan Tinggi Gorontalo
0 suara
dalam DLL oleh (120 poin)

1 Jawaban

0 suara

Tindak Pidana Ringan (Tipiring) dan pelanggaran merupakan perbuatan hukum yang tergolong sebagai perbuatan hukum dengan lama waktu yang relatif singkat dan denda yang ringan, Kriteria Tipiring dengan pelanggaran pun hampir mirip.

Pengertian Tipiring berdasarkan pasal 205 ayat (1) Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) pada intinya mengartikan Tipiring sebagai perkara yang diancam dengan pidana penjara atau kurungan paling lama 3 bulan dan/atau denda sebanyak-banyaknya tujuh ribu lima ratus rupiah.

Sedangkan pelanggaran menurut Andi Hamzah dalam bukunya Asas-Asas Hukum Pidana menyatakan bahwa pelanggaran adalah delik undang-undang, artinya dipandang sebagai delik karena tercantum dalam undang-undang.

Berdasarkan pengertian diatas, Tipiring tergolong sebagai Kejahatan yang diatur dalam Buku II Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) sedangkan Pelanggaran diatur dalam Buku III KUHP. Pelanggaran berdasarkan Buku III KUHP tidak pernah diancamkan suatu pidana penjara sedangkan pada Tipiring berdasarkan Buku II KUHP memiliki ancaman pidana penjara atau kurungan paling lama selama 3 (tiga) bulan.

Contoh perbuatan yang tergolong pelanggaran dimuat dalam buku III KUHP Pasal 489 sampai dengan Pasal 569 antara lain mabuk di tempat umum (pasal 492 KUHP/536 KUHP), membikin ingar atau riuh, sehingga ketentraman malam hari dapat terganggu; Sedangkan contoh Tipiring dimuat Penghinaan Ringan, Penganiayaan Ringan.

Namun demikian, disamping rangkaian perbedaan sebagaimana dijelaskan diatas, Tipiring dan Pelanggaran memiliki beberapa persamaan pengaturan, diantaranya, seseorang yang melakukan Tipiring maupun pelanggaran tidak dapat dilakukan penahanan,

oleh (1.5k poin)
diedit oleh
Selamat datang di "Tanya Jaksa" Kejaksaan Tinggi Gorontalo tempat Anda dapat mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban dari Jaksa.
1 Pengunjung Aktif
Pengunjung Hari ini : 51
Pnegunjung Kemarin : 22
Total Pengunjung : 23251
42 pertanyaan
46 jawaban
6,920 komentar
252 pengguna