Kejaksaan Tinggi Gorontalo
0 suara
dalam DLL oleh (120 poin)

1 Jawaban

0 suara

Dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) pasal 1 angka 5 yang dimaksud dengan Penyelidikan didefiniskan sebagai serangkaian tindakan penyelidik untuk mencari dan menemukan suatu peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana guna menentukan dapat atau tidaknya dilakukan penyidikan.

Penyelidik sebagaimana dimaksud adalah pejabat polisi negara Republik Indonesia yang diberi wewenang oleh undang-undang ini untuk melakukan penyelidikan. (vide pasal 1 angka 4 KUHAP), sedangkan pejabat polisi negara Republik Indonesia yang diberi wewenang oleh undang-undang adalah merupakan penyidik selain pejabat pegawai negeri sipil tertentu yang diberi wewenang khusus oleh undang-undang untuk melakukan penyidikan (vide pasal 1 angka 1 KUHAP)..

Jadi dengan demikian yang berhak melakukan penyelidikan sebagaimana ketentuan perundangan-undangan dalam KUHAP hanyalah penyidik saja dalam hal ini Kepolisian.

Selanjutnya pertanyaannya apakah jaksa punya kewenangan melakukan penyelidikan jawabannya punya, ketentuannya ada diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan (UU Kejaksaan) pasal 30 ayat 1 huruf d :

(1) Di bidang pidana Kejaksaan mempunyai tugas dan wewenang :

      a)...........

      b)...........

      c)...........

      d) melakukan penydikan terhadap pidana tertentu berdasarkan undang-undang

       e)...........

Pasal 30 ayat 1 huruf d dalam penjelasan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan (UU Kejaksaan) dikatakan kewenangan dalam ketentuan ini adalah kewenangan sebagaimana diatur dalam UU No.26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak-hak Asasi Manusia dan UU No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No.20 Tahun 2001 jo UU No.30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

oleh (1.5k poin)
Selamat datang di "Tanya Jaksa" Kejaksaan Tinggi Gorontalo tempat Anda dapat mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban dari Jaksa.
1 Pengunjung Aktif
Pengunjung Hari ini : 63
Pnegunjung Kemarin : 22
Total Pengunjung : 23263
42 pertanyaan
46 jawaban
6,920 komentar
252 pengguna