Kejaksaan Tinggi Gorontalo
0 suara
dalam DLL oleh (120 poin)
diedit oleh

1 Jawaban

0 suara

Duel atau perkelahian satu lawan satu yang menyebabkan salah satunya cedera bisa dijerat hukum dengan pasal penganiayaan yang diatur dalam ketentuan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) berdasarkan pasal  184 (bergantung pada luka yang ditimbulkan) namun hal ini juga harus memenuhi kriterian yakni perkelahian dua orang dengan teratur, dengan tantangan lebih dahulu, tempat, waktu, senjata yang dipakai siapa saksi-saksinya ditetapkan juga (sebagaimana pendapat R.Soesilo dalam bukunya yang berjudul Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Serta Komentar-komentarnya Lengkap Pasal Demi Pasal).

Apabila tidak memenuhi kriteria tersebut maka bila terjadi duel atau perkelahian satu lawan satu yang menyebabkan salah satunya terluka bisa dikenakan pasal penganiayaan yang diatur dalam pasal 351 KUHP (bergantung pada luka yang ditimbulkan).

Pasal 184 KUHP

(1) Seseorang diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan, jika ia dalam perkelahian satu lawan satu itu tidak melukai tubuh pihak lawannya.

(2) Diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun dan empat bulan, barang siapa melukai tubuh lawannya.

(3) Diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun, barang siapa melukai berat tubuh lawannya.

(4) Barang siapa yang merampas nyawa lawannya, diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun, atau jika perkelahian satu lawan satu itu dilakukan dengan perjanjian hidup atau mati, diancam dengan pidana penjara paling lama dua belas tahun.

(5) Percobaan untuk melakukan kejahatan ini tidak dipidana

Pasal 351

(1) Penganiayaan diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah,

(2) Jika perbuatan mengakibatkan luka-luka berat, yang bersalah diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun.

(3) Jika mengakibatkan mati, diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun.

(4) Dengan penganiayaan disamakan sengaja merusak kesehatan.

(5) Percobaan untuk melakukan kejahatan ini tidak dipidana.

oleh (1.5k poin)
Selamat datang di "Tanya Jaksa" Kejaksaan Tinggi Gorontalo tempat Anda dapat mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban dari Jaksa.
1 Pengunjung Aktif
Pengunjung Hari ini : 59
Pnegunjung Kemarin : 22
Total Pengunjung : 23259
42 pertanyaan
46 jawaban
6,920 komentar
252 pengguna